Telitilah Dalam Memilih Makanan Yang Akan Dikonsumsi

Telitilah Dalam Memilih Makanan Yang Akan Dikonsumsi

Telitilah Dalam Memilih Makanan Yang Akan Dikonsumsi

Hampir setiap orang memilih makanan kemasan sesuai dari rasa nikmat yang ditawarkan dari makanan tersebut. Meskipun banyak makanan yang pada kemasannya mencantumkan nilai gizinya, namun tidak banyak orang yang memperhatikan label makanan tersebut untuk mengetahui nilai gizi yang dikandung dari makanan tersebut. Padahal hal itu sangat penting, supaya apa yang makanan yang kita konsumsi itu benar-benar bermanfaat bagi tubuh kita dan membuat tubuh kita semakin sehat dan senantiasa sehat.

Baca Juga : Obat Tradisional Terbaik

Memilih produk berdasarkan keterangan pada label makanan merupakan salah satu kunci utama supaya hidup bisa lebih sehat. Membaca label pada kemasan produk makanan atau minuman bisa membuat anda tahu jumlah kalori serta kandungan bahan dalam produk makanan tersebut. Sehingga anda juga bisa menentukan pilihan yang lebih sehat untuk anda konsumsi.

Jika anda membaca dan menggunakannya dengan tepat, keterangan yang ada di label produk makanan bisa membawa dampak positif terhadap kesehatan tubuh anda, antara lain :

#1. Anda Bisa Mengatur Jumlah Total Konsumsi Kalori Setiap Harinya

Kebutuhan tubuh terhadap kalori pada pria dan wanita berbeda. Pria membutuhkan 2500 kkal setiap harinya, sedangkan wanita membutuhkan rata-rata 2000 kkal setiap harinya. Dengan terjaganya asupan kalori tidak melebihi kebutuhan sehari, maka anda juga bisa menjaga berat badan anda tetap ideal.

Dalam kemasan yang mencantumkan nilai gizi biasanya akan tertulis angka energi total dalam satuan kkal per takaran saji. Angka tersebut menunjukkan jumlah kalori yang akan didapatkan dalam setiap mengkonsumsi satu takaran produk tersebut. Untuk itu, anda dituntut cerdas dalam memilih makanan yang dikonsumsi dengan memperhatikan setiap takaran gizinya, sehingga anda bisa menghitung sendiri berapa jumlah kalori yang anda dapatkan dari mengkonsumsi makanan tersebut, untuk kemudiannya anda perhatikan lagi makanan yang nantinya anda konsumsi lagi, supaya tidak melebihi jumlah total kalori yang tubuh anda butuhkan dan setiap harinya.

Menghitung kalori yang anda konsumsi dari makanan mungkin terbilang sulit dan rumit. Namun pada dasarnya cukup mudah, asal anda jeli dan teliti memperhatikan dan memperhitungkannya. Dan perlu anda ketahui, bahwa menghitung kalori yang anda konsumsi dari makanan memiliki peranan penting jika anda ingin meningkatkan atau menurunkan berat badan anda.

Baca Juga : Zat Besi, Asupan Sangat Penting Untuk Tubuh

Jika anda ingin meningkatkan berat badan, asupan kalori yang anda dapatkan harus lebih besar daripada kalori yang dibakar selama anda beraktivitas seharian. Sebaliknya, jika anda ingin menurunkan berat badan, maka asupan kalori yang anda dapatkan harus lebih kecil daripada kalori yang dibakar.

#2. Anda Bisa Memilih Produk Dengan Kandungan Nutrisi Yang Sesuai Anda Butuhkan

Dengan membaca keterangan label pada tiap kemasan produk makanan yang akan anda konsumsi, maka anda juga bisa memilih produk dengan tepat sesuai dengan kandungan nutrisi yang memang anda butuhkan. Dan kunci memilih produk makanan atau minuman kemasan yang tepat dipilih adalah dengan membandingkan jenis dan jumlah nutrisi dalam dua produk serupa. Misalkan, dengan membandingkan kandungan lemak jenuh pada produk mie instan A dan B. Mie instan A mengandung 5 gram lemak jenuh dalam tiap takaran saji 150 gram. Sementara mie instan B mengandung 3 gram lemak jenuh dalam tiap takaran saji 150 gram. Dalam hal ini, mie instan B menjadi pilihan lebih sehat dibanding mie instan A.

Nah, supaya anda bisa memilih produk yang lebih sehat, beberapa hal perlu anda perhatikan mengenai kandungan nutrisi yang tercantum pada label makanan, diantaranya :

  • Pilih yang kadar gulanya lebih rendah (5 gr atau kurang dari tiap 100 gr kemasan).
  • Pilih yang total lemaknya lebih rendah (3 gr atau kurang dari tiap 100 gr kemasan).
  • Pilih yang kadar lemak jenuhnya lebih rendah (1,5 g atau kurang dari tiap 100 gr kemasan).
  • Pilih yang kadar garam atau sodiumnya lebih rendah (1,5 gr garam atau kurang dari riap 100 gr kemasan atau 0,1 gr sodium).

Baca Juga : Obat Tradisional Terbaik

Selain itu, umumnya jika kandungan sejenis nutrisi dalam suatu produk adalah 5% atau kurang dari Angka Kecukupan Gizi (AKG), maka kandungan nutrisi tersebut dikategorikan rendah. Jika kandungan nutrisi adalah 20% atau lebih dari AKG, maka kandungan nutrisi dalam produk tersebut tergolong tinggi. Nutrisi-nutrisi di atas merupakan nutrisi yang memang dibutuhkan tubuh, namun masih perlu dibatasi kadarnya agar tidak berlebihan.

Sementara itu, beberapa nutrisi berikut perlu ditingkatkan asupannya, antara lain :

  • Lemak tidak jenuh ganda.
  • Lemak tidak jenuh tunggal.
  • Kalsium.
  • Serat/fiber.
  • Vitamin-vitamin seperti vitamin A dan C.
  • Zat besi.
  • Protein.

Baca Juga : Pahami Bahaya Merokok Pada Waktu Hamil

#3. Anda Bisa Merawat Tubuh Anda Dengan Baik Jika Memiliki Penyakit

Dengan membaca keterangan label pada tiap kemasan produk makanan yang akan anda konsumsi, maka anda juga bisa merawat tubuh anda dengan baik ketika anda mengidap suatu penyakit yang memang membutuhkan diet khusus, seperti :

  • Diabetes. Dengan membatasi konsumsi produk yang mengandung kadar gula dan karbohidrat yang tinggi.
  • Penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Dengan membatasi konsumsi produk yang mengandung kadar kolesterol, lemak jenuh, lemak trans, sodium/garam berkadar tinggi.
  • Tekanan darah tinggi. Dengan membatasi konsumsi produk yang mengandung sodium atau garam yang tinggi.
  • Osteoporosis. Dengan memperbanyak konsumsi makanan/minuman tinggi kalsium.
  • Pasien dengan masalah kekebalan tubuh. Dengan memperbanyak konsumsi produk yang mengandung mineral dan vitamin seperti zat besi dan vitamin A serta C.

Baca Juga : Obat Tradisional Terbaik

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Bebas Bau Kaki Supaya Lebih Percaya Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*