Menu Diet Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes dan Gagal Ginjal

Menu Diet Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes dan Gagal Ginjal

Mengetahui Menu Diet Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes dan Gagal Ginjal merupakan salah satu yang sangat penting. Karena makanan dan minuman yang dikonsumsi penderita diabetes dengan gagal ginjal bisa mempengaruhi kondisi penyakit yang dideritanya tersebut. Untuk itu, simaklah apa saja makanan dan minuman yang tepat sebagai menu diet untuk penderita diabetes dengan gagal ginjal!

Menu Diet Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes dan Gagal Ginjal

Diet menjadi salah satu perawatan yang sangat penting untuk mengontrol diabetes yang disertai dengan gagal ginjal. Jika Anda telah didiagnosa mengidap penyakit gagal ginjal sebagai akibat dari diabetes, yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan ahli gizi untuk membuat rencana makan atau diet yang tepat. Karena bila salah, maka akan memperparah kondisi kedua penyakit ini.

Rencana diet ini akan membantu mengontrol kadar glukosa darah dan untuk mengurangi jumlah limbah cairan dari hasil proses ginjal anda. Ahli gizi akan mengatur jumlah kalori harian yang harus anda konsumsi. Akan dibagi-bagi lebih lanjut untuk jumlah protein, lemak dan karbohidrat yang tepat yang dibutuhkan tubuh anda (untuk diabetesnya), dan disaat yang sama juga menurunkan jumlah natrium, kalium, fosfor dan cairan yang anda makan (untuk gagal ginjalnya).

Hal ini memang terbilang rumit, namun semua adalah untuk kebaikan anda. Lambat laun pun anda akan terbiasa dengan pola makan yang baru ini. Disini ada beberapa tips diet untuk diabetes yang disertai gagal ginjal, yang membantu anda untuk mendapatkan hasil maksimal demi keberhasilan pengobatan.

Berikut ini adalah menu diet tepat yang dianjurkan para ahli untuk penderita diabetes yang disertai gagal ginjal, di antaranya :

Karbohidrat

  • Dari jenis susu disarankan skim atau susu bebas lemak, yoghurt bebas gula, puding bebas gula, es krim bebas gula. Biasanya makanan dari produk susu akan dibatasi untuk 4 ons saja karena kandungan protein, kalium dan fosfornya tinggi. Sementara itu, hindari susu coklat, buttermilk, yoghurt manis, puding dan es krim yang biasa.
  • Dari jenis roti disarankan roti putih, olahan sereal kering, krim gandum, bubur jagung, mie, pasta, nasi, kerupuk tawar, roti jagung dan tepung tortila. Sementara roti gandum, sereal berlapis gula, sereal granola, sereal instan, sereal gandum, jahe, campuran pancake, roti jagung campuran, biskuit, makanan ringan asin termasuk keripik kentang, keripik jagung dan kerupuk, sebaiknya dihindari.
  • Dari jenis buah-buahan disarankan konsumsi apel, jus apel, saus apel, potongan aprikot, stroberi, blackberry, jus cranberry rendah gula, ceri, jeruk, anggur, jus anggur, jeruk mandarin, pir, nanas, plum dan semangka. Sementara buah yang sebaiknya dihindari di antaranya adalah alpukat, pisang, blewah, buah kering termasuk : kismis, melon, kiwi, belimbing, mangga, pepaya, dan buah delima.
  • Dari jenis sayuran disarankan konsumsi jagung, kacang polong, sayuran yang dicampur dengan jagung dan kacang polong, kentang (sebaiknya direndam terlebih dahulu untuk mengurangi kadar kaliumnya). Sementara sayuran yang sebaiknya dihindari konsumsinya adalah hampir semua jenis ubi (kayu, rambat, keladi), kacang dan labu.
  • Sayuran lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi adalah asparagus, brokoli, kubis, wortel, seledri, kembang kol, mentimun, terong, kacang hijau, selada, kangkung, daun bawang, sawi, okra, bawang, paprika merah dan hijau, lobak, bayam mentah, kacang polong salju. Sementara sayuran lain yang sebaiknya dihindari adalah tunas bambu (rebung), kubis dalam masakan China, kol, asinan kubis, bayam matang, tomat, saus tomat atau pasta, jus tomat dan jus sayuran campuran.

Protein

  • Asupan protein yang disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes yang disertai gagal ginjal adalah daging, ikan dan seafood, unggas, telur, pengganti telur kolesterol rendah, keju cottage (harus dibatasi karena kadar natriumnya yang tinggi). Sementara itu, hindari konsumsi daging yang dikemas dalam kaleng (makanan kaleng), keju termasuk keju Amerika, cheddar dan keju swiss, daging organ seperti hati dan otak, pepperoni, salmon dan juga sosis.

Lemak

  • Jenis lemak yang boleh dikonsumsi penderita diabetes dengan gagal ginjal adalah margarin, krim keju (semuanya harus yang rendah lemak), mayones, dan krim asam. Sementara mentega dan lemak babi harus dihindari penderita diabetes yang disertai gagal ginjal.

Minuman

  • Untuk minuman, yang boleh dikonsumsi penderita diabetes dengan gagal ginjal adalah air, diet soda yang “jelas”, teh dan limun yang dibuat dengan pemanis buatan dan beberapa minuman cola bermerk lainnya. Sementara itu, minuman yang harus dihindari adalah jus buah, minuman rasa buah, air manis dengan jus buah, beberapa minuman bermerk lainnya, teh dan limun yang mengandung gula, sirup dan asam fosfat.

Itulah Menu Diet Yang Tepat Untuk Penderita Diabetes dan Gagal Ginjal. Dan supaya lebih jelas, anda bisa konsultasikan langsung dengan ahli gizi atau dokter yang menangani penyakit anda.

Sementara itu, untuk mengobati penyakit diabetes dan gagal ginjal, ada rekomendasi terbaik berupa obat herbal yang terbuat dari ekstrak kulit manggis dan daun sirsak, yaitu Ace Maxs. Efektif dan aman mengobati diabetes dan gagal ginjal tanpa efek samping yang membahayakan. Khasiat serta keampuhannya pun sudah terbukti, sudah ada testimoninya.

Baca Juga : Obat Tradisional Gagal Ginjal Untuk Penderita Diabetes

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 223 557 127

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT TRADISIONAL TERBAIK

 

Baca artikel menarik lainnya :

Tips Mencegah Sakit Ginjal Pada Penderita Diabetes
Tips Mencegah Sakit Ginjal Pada Penderita Diabetes
Gejala Gagal Ginjal pada Penderita Diabetes
Gejala Gagal Ginjal pada Penderita Diabetes
Zat Besi, Asupan Sangat Penting Untuk Tubuh
Zat Besi, Asupan Sangat Penting Untuk Tubuh
TERBARU! Para Ahli Temukan Terobosan Pengobatan Vitiligo

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*