Mengatasi Rasa Kantuk Saat Bekerja

Mengatasi Rasa Kantuk Saat Bekerja

Mengatasi Rasa Kantuk Saat Bekerja

Bekerja merupakan salah satu rutinitas sehari-hari yang biasa dilakukan. Bekerja merupakan kewajiban penting bagi setiap orang, apalagi jika bekerja di orang lain. Baik itu bekerja kantoran ataupun sekedar buruh saja. Sehingga bekerja merupakan hal yang tidak boleh sembarangan ditinggalkan. Namun, satu masalah yang sering kali menghambat kegiatan bekerja, yaitu rasa kantuk dan lelah.

Baca Juga : Obat Tradisional Terbaik

Ya, saat bekerja, rasa kantuk sering kali datang dan membuat semangat bekerja menjadi menurun. Hal itu jelas jadi masalah serius. Karena jika kita bekerja dalam keadaan kantuk, maka pekerjaan yang kita lakukan bisa tidak beres. Bahkan bisa saja dapat membahayakan nyawa kita, jika kita bekerja di bidang yang beresiko mengarah ke sana.

Kekurangan oksigen dalam otak, kadar gula darah yang rendah, serta dehidrasi adalah beberapa hal yang menjadi penyebab datangnya rasa kantuk dan lelah saat bekerja. Maka dengan mengatasi masalah tersebut, anda bisa bekerja dengan kondisi tubuh yang segar dan tidak merasa kantuk.

Untuk mengatasi dan mengusir rasa kantuk saat bekerja tidak hanya dengan mengonsumsi kopi saja. Namun ada banyak cara lainnya yang bisa dilakukan, diantaranya :

#1. Bergerak Sekali-Kali Ketika Bekerja

Menggerakkan tubuh dapat membuat oksigen terpompa ke otak dan otot. Menggerakkan tubuh selama lima menit saja, bisa membuat anda terjaga dari kekurangan oksigen pada otak, sehingga rasa kantuk saat bekerja bisa teratasi. Dan hal-hal sederhana saja bisa mengatasi masalah tersebut, seperti :

  • Berjalan kaki keluar ruangan untuk mengambil air minum atau kebutuhan lainnya.
  • Pergi ke mushola melakukan sholat sunat, atau pergi ke toilet untuk sekedar cuci muka atau buang air.
  • Melakukan rapat di luar kantor, supaya tidak jenuh dengan suasana kantor.
  • Melakukan peregangan selama beberapa menit, baik itu ketika sedang bekerja atau di waktu istirahat.

Baca Juga : Bebas Bau Kaki Supaya Lebih Percaya Diri

#2. Mengatur Pernapasan

Mengantuk dapat hilang jika tingkat oksigen otak terpenuhi. Bahkan, kondisi ini dapat diperoleh dengan menyesuaikan pernapasan. Anda dapat melakukan metode pernapasan sambil duduk di meja Anda. Saya mencoba untuk bernapas dalam-dalam dari hidung Anda sampai perut dan rusuk diperluas di kedua sisi, tapi dada tidak bergerak. Tahan selama beberapa detik, lalu buang napas melalui mulut Anda.

#3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain karena oksigen di otak harus tercukupi, kadar gula darah juga harus terjaga stabil supaya tidak menyebabkan kantuk. Karena kadar gula darah yang rendah bisa membuat tubuh jadi lemas. Akibatnya, rasa kantuk pun bisa datang.

Nah dalam kondisi tersebut, mengkonsumsi makanan bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Makanan yang tepat dikonsumsi adalah makanan sehat, seperti :

  • Buah-buahan segar.
  • Kacang-kacangan.
  • Biskuit gandum.

Baca Juga : Obat Tradisional Terbaik

Selain mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, minum kopi atau minuman yang berkafein juga bisa membuat rasa kantuk teratasi, sehingga bisa tetap bersemangat dalam bekerja. Namun yang juga perlu diperhatikan adalah jangan sampai berlebihan mengkonsumsinya. Hindari juga minum kopi di sore hari, supaya tidak mengalami sulit tidur di malam harinya. Selain itu, sebaiknya anda juga harus menghindari beberapa makanan dan minuman tertentu yang bisa mendatangkan rasa kantuk. Diantaranya :

  • Makanan serta minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi.
  • Makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi.

Pastikan juga untuk mengkonsumsi cukup air atau mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar cairan tinggi, supaya tidak mengalami dehidrasi. Sebab, dehidrasi bisa membuat seseorang measakan kantuk dan lelah.

#4. Tidur Siang

Jika mengantuk sudah tak tertahankan itu akan memakan waktu 10 sampai 20 menit dari istirahat untuk tidur siang. Jika Anda tidak bisa tidur, Anda bisa menutup mata dan menyegarkan otak. Berbaring di meja selama 10 menit.

#5. Memberikan Jeda Pada Mata

Mata dan pikiran lelah dapat terjadi karena kegiatan yang sama, seperti selalu menatap layar komputer dilakukan tanpa perubahan apapun. Jika Anda mengalihkan perhatian Anda dari waktu ke waktu untuk hal-hal lain seperti membaca koran ketika berbicara dengan rekan-rekan.

Baca Juga : Telitilah Dalam Memilih Makanan Yang Akan Dikonsumsi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*