Kenapa Diabetes Sering Menyebabkan Gagal Ginjal?

Kenapa Diabetes Sering Menyebabkan Gagal Ginjal?

Kenapa Diabetes Sering Menyebabkan Gagal Ginjal? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan banyak penderita komplikasi diabetes dan gagal ginjal. Nah, untuk mengetahui jawabannya, mari kita cari tau bersama-sama dalam ulasan berikut ini!

Kenapa Diabetes Sering Menyebabkan Gagal Ginjal?

Penyakit diabetes memang merupakan penyakit yang sangat serius dan menjadi momok bagi setiap orang. Bukan hanya karena penyakit ini berbahaya dan mematikan, tapi penyakit ini juga memiliki risiko komplikasi. Bahkan banyak komplikasi yang bisa terjadi pada penyakit diabetes, salah satunya adalah gagal ginjal. Lalu kenapa banyak kasus diabetes yang menyebabkan gagal ginjal?

Penyakit diabetes atau diabetes mellitus merupakan sebuah penyakit di mana tubuh tidak membuat cukup insulin atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar. Insulin sendiri ialah hormon yang mengatur kadar gula dalam darah. Tingkat gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah pada banyak bagian tubuh.

Diabetes sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, di mana jenis yang paling umum terjadi adalah Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2. Diabetes tipe 1 biasanya terjadi pada anak-anak. Pada diabetes tipe 1, pankreas tidak membuat cukup insulin dan penderita diabetes tipe ini harus menggunakan suntikan insulin selama sisa hidupnya. Sementara diabetes tipe 2, yang lebih umum, biasanya terjadi pada orang di atas usia 40 tahun. Di mana pada tipe 2 ini, pankreas membuat insulin, tetapi tubuh tidak dapat menggunakannya dengan benar. Tingkat gula darah tinggi sering dapat dikontrol dengan mengikuti diet dan/atau minum obat, meskipun beberapa pasien tetap harus menggunakan insulin.

Dengan menderita diabetes, pembuluh darah kecil dalam tubuh terluka. Ketika pembuluh darah di ginjal terluka, ginjal tidak dapat membersihkan darah dengan benar. Tubuh akan mempertahankan lebih banyak air dan garam dari yang seharusnya, dan dapat mengakibatkan kenaikan berat badan serta bengkak pada pergelangan kaki. Akan terdapat protein dalam urin, dan limbah akan menumpuk dalam darah.

Diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih. Tekanan yang dihasilkan dari kandung kemih yang penuh dapat melukai ginjal. Jika urin tetap berada dalam kandung kemih untuk waktu yang lama, dapat mengembangkan infeksi dari pesatnya pertumbuhan bakteri dalam urin yang memiliki tingkat gula tinggi.

Sekitar 30% pasien dengan diabetes tipe 1, dan 10% – 40% dari mereka dengan diabetes tipe 2  pada akhirnya akan menderita gagal ginjal.

Sementara itu, tanda awal penyakit ginjal diabetik adalah peningkatan ekskresi albumin dalam urin. Ini terjadi jauh sebelum tes biasa dilakukan, sehingga sangat penting bagi penderita diabetes untuk melakukan tes ini secara tahunan. Berat badan dan bengkak  di pergelangan kaki juga dapat terjadi. Penderita diabetes akan lebih sering buang air kecil di malam hari. Tekanan darah juga mungkin terlalu tinggi.

Penderita diabetes harus memeriksa darah, urin, dan tekanan darah setidaknya sekali setahun. Hal ini akan berdampak pada kontrol yang lebih baik terhadap penyakit, dan memungkinkannya untuk dilakukan pengobatan dini tekanan darah tinggi serta penyakit ginjal. Dan dengan mempertahankan kontrol diabetes, dapat menurunkan risiko terkena penyakit ginjal berat.

Saat terjadinya gagal ginjal, nitrogen urea darah (BUN) akan meningkat, begitu pula dengan tingkat kreatinin dalam darah. Pasien juga mungkin akan mengalami mual, muntah, kehilangan nafsu makan, lemah, bertambah lelah, gatal-gatal, kram otot (terutama di kaki), dan anemia. Pasien mungkin merasa perlu insulin lebih sedikit. Hal ini karena ginjal yang sakit menyebabkan kurang terbaginya insulin. Jika mengalami tanda-tanda ini, segera hubungi dokter.

Jadi, Kenapa Diabetes Sering Menyebabkan Gagal Ginjal? Semuanya sudah dijelaskan dalam ulasan di atas. Sementara itu, untuk mengobati penyakit diabetes dan gagal ginjal, ada rekomendasi terbaik berupa obat herbal yang terbuat dari ekstrak kulit manggis dan daun sirsak, yaitu Ace Maxs. Efektif dan aman mengobati diabetes dan gagal ginjal tanpa efek samping yang membahayakan. Khasiat serta keampuhannya pun sudah terbukti, sudah ada testimoninya.

Baca Juga : Testimoni Obat Herbal Ace Maxs

Obat Tradisional Untuk Mengobati Penyakit Tiroid

Untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya, atau jika anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu, silahkan hubungi kontak dibawah ini :

Telp : (0265) 341113

Telp : 085 793 507 222

SMS/WA/Telp : 085 223 557 127

PIN BB : 25C274D1

Line : zahraherbal

IG : toko_zahraherbal

Posted by : Admin OBAT TRADISIONAL TERBAIK

 

Baca artikel menarik lainnya :

Obat Tradisional Gagal Ginjal Untuk Penderita Diabetes
Obat Tradisional Gagal Ginjal Untuk Penderita Diabetes
Obat Tradisional Terbaik Untuk Penyakit Darah Tinggi
Obat Tradisional Terbaik Untuk Penyakit Darah Tinggi
Obat Tradisional Mengobati Zakar Bengkak Sebelah
Obat Tradisional Mengobati Zakar Bengkak Sebelah
Pantangan Yang Harus Dihindari Penderita Vitiligo

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*